Minggu, 17 Februari 2019

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

MS. WORD

1. Ruang kerja MS.Word

1.      Title Bar
Title Bar atau baris judul menampilkan nama dokumen dan Microsoft Word, pada saat membuat dokumen baru pada Ms.Word maka secara otomatis nama dokumen yang ditampilkan adalah Document1,Document2, dan seterusnya. User dapat mengubah nama dokumen tersebut pada saat menyimpan dokumen dengan mengganti nama dokumen.
2.      Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk memilih button yang ingin ditampilkan pada taskbar atau pada quick access toolbar. Untuk menampilkan button yang dipilih tersebut dengan menceklist button pada customize quick access toolbar, sebaliknya untuk tidak menampilkan button pada quick access toolbar dengan tidak menceklist button pada customize quick access toolbar.
3.      Windows Size Button
Digunakan untuk mengatur ukuran jendela, terdapat dua icon yaitu minimize dan maximize.
Minimize digunakan untuk memperkecil jendela microsoft word hingga hanya membentuk icon aktif pada taskbar, sedangkan Maximize digunakan untuk memperbesar jendela micrososft word hingga satu layar penuh atau mengembalikan jendela keukuran sebelumnya.
4.      Close Button
Digunakan untuk menutup dokumen yang aktif, apabila dokumen yang telah dibuat belum disimpan oleh user, maka ketika user menutup dokumen akan muncul secara otomatis dialog box yang menginformasikan bahwa data yang telah dibuat.

Terdapat pilihan button pada dialog box yaitu :
Save                : Untuk menutup dokumen dengan menyimpan terlebih dahulu 

dokumen yang telah dibuat

Don’t Save     : Untuk menutup dokumen dengan tidak menyimpan terlebih dahulu 

dokumen yang telah dibuat

Cancel            : Untuk membatalkan perintah menutup dokumen dan kembali ke 

lembar kerja microsoft word

5.      Microsoft Word Help
Digunakan untuk menampilkan halaman untuk mencari informasi mengenai Microsoft word.
6.      Quick Access Toolbar
Bar yang berisi seperangkat tombol-tombol akses cepat yang berkaitan dengan pembuatan dokumen word yang seringkali digunakan oleh user Ms.Word, seperti save, undo, redo, new document, open,email, quick print, print preview, spelling & grammer, draw table, dan open recent file.
Undo              : Untuk membatalkan perintah yang terakhir dilakukan, cara lain adalah dengan menggunakan tombol pada keyboard yaitu CTRL+Z
Redo               : Untuk mengulang atau memanggil kembali perintah yang terakhir dibatalkan, cara lain adalah dengan menggunakan tombol pada 

keyboard yaitu CTRL+Y

New Document: Untuk membuka lembar kerja baru Ms.Word, cara lain adalah
dengan menggunakan tombol pada keyboard yaitu CTRL+N
Open               : Untuk membuka dokumen yang telah disimpan, cara lain adalah 

dengan menggunakan tombol pada keyboard yaitu CTRL+O

Email               : Untuk mengirim dokumen yang telah dibuat melalui email
Quick Print      : Tombol cepat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang telah dibuat tanpa harus mengatur format print.
Print Preview and print : Untuk melihat dan mengatur print setup dokumen yang sebelum diprint
Spelling & Grammer : Untuk mengecek spelling dan grammer yang digunakan, apabila terdapat kesalahan pada spelling dan grammer maka akan ditampilkan pilihan kata yang tepat.
Open Recent    : Untuk membuka dokumen telah disimpan dan terakhir dibuka.
7.      Menu Bar
Berisi menu-menu yang digunakan dalam mengolah dokumen, terdapat menu file, home, insert, page layout, references, mailings, review, dan view.
a.       Menu File
Digunakan untuk mengatur file dokumen, seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dan sebagainya.
8.      Ribbon
Area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif


LINK SOFTWARE MICROSOF OFFICE
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

logo Intel Core 10th Gen

SEKAPUR SIRIH

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mudah Mudahan Blog MATERIICT48.BLOGSPOT.COM, Bermanfaat & Berguna untuk Menjadi Media ICT/TIK dalam Proses Pembelajaran serta Menjadi Berkah untuk Selamanya

Wassalamu'alaikum Wr Wb

E-LEARNING EDMODO

E-LEARNING PEMBELAJARAN 48